Review MUA Akad Nikah: Opie Makeup

14.13

*MUA : Makeup Artist
Setelah kemarin banyak DM yang masuk setelah posting snapgram riasan waktu akad. Marilah kita jawab pertanyaan itu, satu-satu di sini. 

Kebanyakan Trauma dengan Makeup
Entah berapa kali, saya tugas sebagai penerima tamu. Sebanyak itu juga, saya rata-rata kecewa dengan riasannya. Entah tone warna foundation keputihan. Shading berlebihan. Kontur muka yang terlalu dibuat-buat. Paling sedihnya, kalau pengantinnya sebenarnya sudah cantik. Sehabis dirias malah hilang aura cantiknya. Makanya untuk urusan makeup ini, saya hati-hati sekali.

Beruntungnya, saya akan menikah pada zaman di mana portofolio MUA mudah dilihat lewat Instagram. Hampir setiap hari, saya scroll hashtag #MUAJogja. Saya lihat profilnya satu demi satu (terniat).

Dari Duta Museum Jogja 2016
Nah, saya tahu Mbak Opie dari Duta Museum (Dumus) Jogja 2016. Mbak Opie yang merias 15 besar Dumus Jogja. Waktu itu, ada salah satu teman Dumus yang tidak pernah memakai makeup. Begitu dirias Mbak Opie, jadi kelihatan cantiknya. Tanpa menghilangkan bentuk asli wajahnya. 

Investigasi Lebih Lanjut
Nah, saya putuskan memasukkan Opie Makeup menjadi salah satu pilihan MUA. Tindakan selanjutnya adalah kepo semua aktivitas IGnya (iya semuanya). Saya mulai mengikuti perkembangan hasil makeupnya dengan berbagai tipe wajah klien. Kalau ada live atau story IG, saya tontonin. Ini saya lakukan selama 2 bulan sampai akhirnya saya putuskan untuk bertanya lebih lanjut.

Fadli juga saya libatkan dalam pemilihan MUA. Saya suka bertanya, makeup ini berlebihan atau tidak, cocok tidak dengan muka saya. Alhamdulillah, dia sreg dengan hasil riasan Mbak Opie.

Di profil IGnya, Mbak Opie menuliskan punya lisensi Tinuk Rifky, Fitri Liza, dan Anpasuha. Saya suka dengan hasil makeup tiga nama besar itu. Belum lagi, Mbak Opie pernah jadi 1st winner bridal makeup Jogja. Dari situ, saya lihat Mbak Opie ini rajin mengasah kapasitasnya sebagai MUA. 
Mbak Opie sedang menyelesaikan riasan mata
(Dokumentasi Opie Makeup)
Beberapa kali, saya lihat postingan MUA lain belajar ke Mbak Opie. Baik privat maupun ikut kelas. Wah, orangnya pasti enak diajak diskusi. Apalah artinya riasan bagus tetapi MUAnya jutek dan tidak mau mendengarkan kliennya.

Disesuaikan dengan Keinginan
Untuk paket riasan manten, Mbak Opie punya banyak opsi. Mulai dari pengantin internasional sampai Jawa (Jogja atau Solo). Saya memilih paket pengantin Jawa tanpa paes. Harga paketannya sudah termasuk melati manten, makeup 2 ibu, nails (cat kuku), dan softlens

Semua disesuaikan dengan klien. Saya ditanya mau softlens warna apa, cat kuku warna apa, dan bagaimana bentuk jilbabnya. Semua diusahakan oleh tim Opie Makeup.
Saya memakai softlens warna coklat
(Dokumentasi Opie Makeup)
Softlens yang saya pakai warnanya coklat, mirip-mirip dengan warna mata. Untuk bentuk jilbabnya, saya enggan menggunakan tiara. Maunya sederhana saja, supaya kesannya tidak penuh kepalanya. Cat kukunya paling favorit. Kalau tidak salah, warna merah burgundi.

Sekalian Sewa Baju Akad
Waktu itu, saya agak bingung mencari kebaya putih yang simpel dan tanpa ekor. Kebetulan, Mbak Opie sedang proses jahit kebaya dan long dress. Saya tanya, kalau dipakai tanggal 10 Desember memungkinkan tidak ya. Alhamdulillah, kata Mbak Opie bajunya sudah selesai sebelum itu.
Kebaya putih untuk akad dan syukuran
(Dokumentasi Opie Makeup)
Yah ada kresek putih nongol
(Dokumentasi Opie Makeup)
Mungkin ini yang namanya jodoh. Kebaya putih yang dijahit pas sekali dengan ukuran dan bayangan saya. Simpel dan payetnya tidak terlalu ramai.

MUA yang Kekinian
Selain riasannya bagus dan orangnya menyenangkan, Mbak Opie juga orang yang kekinian. Waktu proses makeup, direkam ke IG story. Sempat live juga kalau tidak salah. Dokumentasi riasnya juga lengkap. Bagus lagi. Yaiyalah ambilnya pakai kamera ter-Fuji-lah. Jadi tidak perlu menunggu tim dokumentasi dulu. Terima kasih Mbak Opie dan tim!
Proses membuat alis
(Dokumentasi Opie Makeup)
Hasilnya...
Silakan teman-teman menilai hasilnya dari foto di bawah ini ya. Produk-produk yang dipakai dari hasil intip-intip waktu dirias, ada MAC, NYX, Chanel, Shu Uemura. Hasilnya tidak pecah, tahan sampai siang. Kena keringat juga tidak luntur. Yang paling penting, tidak membuat muka saya brakeout alias jerawatan.
Jatuh cinta dengan eye shadownya
(Dokumentasi Opie Makeup)
Lah, ini aku?
(Dokumentasi Opie Makeup)
Pose setelah susah diminta senyum tipis
(Dokumentasi Opie Makeup)
Tips untuk yang akan memilih MUA nikahan:
  1. Tetapkan budget.
  2. Ikuti portofolio calon MUA di IG atau media sosial lain.
  3. Sesuaikan budget dengan tarif MUA.
  4. Pilih MUA yang mau diajak diskusi, makeupnya bervariasi. Bukan membuat berbagai tipe wajah orang jadi kayak sama semua.
Dress : Opie Boutique


-MY yang habis disulap wajahnya-

You Might Also Like

3 comments

  1. mbk share yang di joglo mlati dong mbk...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak pinginnya review lengkap tapi waktu nulisnya belum ada :(

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus

Subscribe